Balapan di Sepang, Hamilton Makin Menjauhi Vettel?

Balapan di Sepang, Hamilton Makin Menjauhi Vettel?
Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton di GP Singapura (Edgar Su/Reuters)

IKLANNEWS.com – Malaysia akhir pekan ini jadi yang pertama dari enam final F1 musim ini. Lewis Hamilton ada di atas angin, bagaimana dengan Sebastian Vettel?

GP Singapura yang belum dua pekan berlalu seharusnya berakhir menyenangkan untuk Vettel dan Ferrari. Meski mereka berada di posisi kedua klasemen saat itu, namun dengan pole position yang didapat di sesi kualifikasi, tentunya memudahkan Vettel meraih kemenangan.

Kemenangan otomatis akan membuat Vettel berada di pole dalam perebutan gelar juara. Hamilton yang start kelima pun cuma bisa berharap ada musibah yang lantas bisa menggagalkan peluang Vettel menang di Singapura.

Doa Hamilton mungkin saja didengar oleh Tuhan ketika selepas start bencana datang untuk Vettel dan Ferrari. Diawali manuver berbahaya Kimi Raikkonen yang akhirnya mengenai mobil Max Verstappen membuat dua pebalap itu mengalami crash.

Vettel yang berusaha melepaskan diri di posisi terdepan pun ikut kena imbas yang membuat mobilnya melintir dan akhirnya out sebelum lap pertama tuntas. Hamilton pun diuntungkan dan pada akhirnya dia muncul sebagai pemenang.

Hasil ini tentu menguntungkan Hamilton yang bangkit di tiga seri terakhir ddi mana dia selalu finis podium teratas. Saat ini Hamilton memimpin 28 poin atas Vettel di posisi kedua. Peluang juara Hamilton yang sempat menipis usai performa buruk di paruh pertama musim kini justru membesar.

Di satu sisi, Vettel yang di paruh pertama musim berada di atas angin malah menurun performanya di beberapa balapan terakhir. Usai menang di Budapest, Vettel berturut-turut cuma finis kedua, ketiga, sebelum gagal total di Singapura kemarin. Sementara Hamilton dari empat balapan terakhir, hanya sekali gagal finis podium yakni posisi empat di Hongaria.

Dengan kondisi demikian, GP Malaysia akhir pekan ini seperti memuluskan langkah Hamilton menuju gelar juara dunia keempatnya. Karakter sirkuit Sepang yang didominasi trek lurus dan tikungan cepat tentu akan memudahkan Hamilton melajukan mobilnya.

Apalagi Hamilton selalu meraih pole position dalam tiga balapan terakhir di Malaysia. Istilah di atas kertasnya, Hamilton sudah menang duluan atas Vettel sebelum balapan dimulai.

Tapi seperti halnya di Singapura lalu, Malaysia bukan tak mungkin menghadirkan kejutan serupa. Hamilton tentu tak ingin misinya untuk menang gagal hanya karena besar kepala duluan, sementara Vettel harus banyak-banyak berdoa agar rivalnya itu mengalami nasib serupa dengannya.

Atau berharap saja Valtteri Bottas, Kimi Raikkonen, dan duo Red Bull bisa melakukan sesuatu yang bakal membuat balapan berjalan menarik. Kita tunggu saja saat balapan di Sepang, Minggu (1/10/2017) dimulai.

Klasemen F1
1. Lewis Hamilton 263 poin
2. Sebastian Vettel 235 poin
3. Valtteri Bottas 212 poin
4. Daniel Ricciardo 162 poin
5. Kimi Raikkonen 138 poin

(mrp/fem)

Sumber : sport.detik.com

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply